Manfaat Psikologi Dalam Kehidupan Manusia



Pada dasarnya mempelajari psikologi/ ilmu jiwa adalah untuk menjadikan manusia supaya hidupnya baik, bahagia dan sempurna. Jadi manfaat mempelajari psikologi diantaranya:

  1.  Untuk memperoleh pemahaman  gejala- gejala jiwa dan pengertian yang lebih sempurna tentang tingkah laku sesama manusia pada  umumnya dan anak-anak khususnya. 
  2. Untuk mengetahui perbuatan- perbuatan jiwa serta kemampuan jiwa  sebagai sarana untuk mengenal tingkah laku manusia. 
  3. Untuk mengetahui cara penyelenggaraan pendidikan dengan baik.
  4. Untuk mengetahui perilaku manusia sebagai upaya menyesuaikan diri dan berhubungan dengan orang lain, sehingga memudahkan memahami mengapa  mereka berpikir, berperasaan dan berbuat menurut cara mereka sendiri. 
  5. Dalam rangka mengatasi permasalahan social, psikologi dapat mengurai pangkal masalah, setidaknya mengurangi problem sosial. 
  6. Kita bisa peka terhadap perasaan orang lain. 
  7. Mampu mencapai kualitas hidup yang lebih baik. 
  8. Mampu memaksimalkan potensi diri sendiri maupun orang lain dengan cara yang tepat. 
  9. Hidup menjadi lebih sehat. Karena psikologi merupakan ilmu yang mempelajari jiwa tentunya tidak terpisahkan dari jasmani. Dengan bantuan cara berfikir positif maka dapat menjadikan kita lebih sehat. 
  10. Dapat memperkaya gaya kepemimpinan. Tentunya dengan banyak teori yang ada dapat kita terapkan sebagai salah satu cara memimpin yang sesuai dengan situasi yang ada
Serta masih banyak manfaat lainnya, semoga bermanfaat......

10 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. berobat jalan dapat dilakukan tentunya melihat kasus yang terjadi, serta kepada orang yang kompeten dalam bidang psikologi

    BalasHapus
  3. orang psikologi bisa jadi motivator juga ya?

    BalasHapus
  4. Info yang menarik tentang sosial dan psikologi. Numpang info yah, jika perlu Jasa Psikologi bisa hubungi kami di quantumnusa.com

    BalasHapus
  5. menurut kalian, gimana dengan kasus mahasiswa psikologi yang bunuh diri ? bukankah mereka yg seharusnya menjadi motivator malah melakukan hal yang tidak baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku sih, mahasiswa itu ga ada yg perfect, hanya krn dia belajar psikologi, belum menjamin kejiwaannya stabil. Yang aneh itu, kalo psikolog professional bunuh diri.

      Tapi cukup prihatin jg ya denger mahasiswa psikologi bunuh diri.. kasus itu bisa jadi kajian menarik tuh di kalangan psikolog.

      Bagaimana kalau menurutmu?

      Hapus
    2. Menurutku sih, mahasiswa itu ga ada yg perfect, hanya krn dia belajar psikologi, belum menjamin kejiwaannya stabil. Yang aneh itu, kalo psikolog professional bunuh diri.

      Tapi cukup prihatin jg ya denger mahasiswa psikologi bunuh diri.. kasus itu bisa jadi kajian menarik tuh di kalangan psikolog.

      Bagaimana kalau menurutmu?

      Hapus
  6. menurut kalian, gimana dengan kasus mahasiswa psikologi yang bunuh diri ? bukankah mereka yg seharusnya menjadi motivator malah melakukan hal yang tidak baik.

    BalasHapus
  7. Menarik sekali ilmu Psikologi makin banyak dicari dan makin dibutuhkan jasa seperti Biro Psikologi di Yogyakarta.
    Terima kasih

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan baik bila dirasa informasi yang disajikan bermanfaat bagi anda